Makalah Pengaruh Perkembangan IT
Terhadap Generasi Muda
Oleh :
Ghifari Fakhran Isya
Fakultas Teknik Sipil dan
Perencanaan
Universitas Gunadarma
Depok
Tahun 2015/2016
Kata
Pengantar
Pertama-tama saya ingin mengucapkan
puji dan syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat
menyelesaikan makalah tentang pengaruh IT terhadap generasi muda ini dengan
baik. Dimana makalah ini dibuat dan disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Ilmu Sosial Dasar. saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang membantu
saya dalam mengerjakan tugas makalah ini. Apabila ada kritik dan
saran dari pembaca, saya bersedia menerima semua kritik dan saran tersebut.
Karena kritik dan saran ini sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki makalah saya dimasa
mendatang.sehingga saya akan berusaha untuk menyelesaikan makalah dengan lebih baik lagi.
Daftar
Isi
Kata Pengantar ..............................................................................................................................i
Daftar Isi ........................................................................................................................................ii
Bab I Pendahuluan
1.1
Latar
Belakang...................................................................................................................4
1.2
Identifikasi
Masalah...........................................................................................................4
1.3
Perumusan Masalah............................................................................................................4
Bab II Pembahasan
2.1 Pengertian Teknologi
Informasi………………………………………………………..5
2.2 Pengaruh Teknologi
Informasi Terhadap Generasi Muda……………………………..6
2.3 Dampak
Positif…………………………………………………………………………7
2.4 Dampak
Negatif……………………………………………………………………….7-8
Bab III Penutup
3.1 Solusi Pemecahan
Masalah……………………………………………………………..9
3.2
Kesimpulan……………………………………………………………………………..9
Bab I
Pendahuluan
A.Latar Belakang
Teknologi
informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, memprosen,
menyusun,menyimpan, memanilpulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan,akurat, dan tepat
waktu, yang digunakan utnuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer dan system
jaringan untuk menghubungkan computer satu dengan komputer lainnya, dan
teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global.
Peran yang dapat
diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi
untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi,
dan rohani. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang
menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak
menyenangkan.Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon
seluler (ponsel), dan email cenderung terabaikan. Penggunaan teknologi sering
tidak memperhatikan etika berkomunikasi.
B.Identifikasi Masalah
·
Apakah dengan kemajuan teknologi
dapat mempengaruhi karakter generasi muda ?
·
Bagaimana dampak positif dan dampak
negatif perkembangan IT terhadap generasi muda ?
C.Maksud dan Tujuan
Maksud dibuatnya makalah ini adalah
untuk mengetahui apa pengaruh dan dampak perkembangan IT terhadap generasi muda
dan bertujuan untuk memenuhi tugas perorangan dari mata kuliah Ilmu Budaya
Dasar.
Bab II
Pembahasan
A.Pengertian Teknologi Informasi
istilah teknologi berasal dari kata
“techne” yang berarti cara dan “logos” yang berarti pengetahuan atau ilmu. Jadi
teknologi dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara. Pengertian
teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat secara efektif dan efisien.
Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Ahli Sosiologi Manuel Castells yang
mendefinisikan teknologi sebagai kumpulan alat, aturan dan prosedur yang
merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu.
Informasi berasal dari bahasa
Perancis kuno “informacion” (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin
“informationem” yang memiliki arti garisbesar,konsep. Atau ide. Menurut Gordon
B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang
penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dapat
dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang
akan datang.
Beberapa ahli mengungkapkan
pendapatnya mengenai arti Teknologi Informasi. Menurut Haag den Keen (1996),
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi. Pada 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informasi merujuk pada
seluruh bentuk teknologi yang dihunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah,
an untuk menggunakaninformasi tersebut dalam segala segala bentuknya.
Dari pengertian diatas yang
dimaksud Teknologi Informasi, yaitu menyusun data yang telah diolah untuk
mengambil suatu keputusan oleh penerima informasi tersebut. Teknologi informasi
juga tidak hanya sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi.
Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara
teknologi komputer dan telekomunikasi.
B.Pengaruh Teknologi Informasi
terhadap Generasi Muda
teknologi selalu berkembang dari
zaman ke zaman. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahlan dari
kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia
dankita dapat melihat apa yang terjadi dimanpun. Kemajuan teknologi ini
menyebabkan perubahan begitu besar pada kehidupan manusia di segala aspek
kehidupan.
Perubahan ini juga yang
memberikan dampak begitu besar terhadap nilai-nilai dan etika yang ada di
masyarakat. Khususnya masyarakat Indonesia yang kental dakan budaya dan
adatnya. Di Indonesia, begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai
kebudayaan yang dianut masyarakat. Kemajuan teknologi seperti televise,
telepon, dan telepon genggam, bahkan internet bukan hanya ada di masyarakat
kota, tetapi juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi yang baik bernilai positif maupun negative dapat
dengan mudah diakses oleh masyarakat.
Era globalisasi sangat
banyak membawa perubahan, baik perubahan yang berdampak positif bagi kehidupan
maupun yang berdampak negative. Dalam era globalisasi segala aspek kehidupan
berangsur-angsur mengalami perubahan. Salah satu contohnya terjadi pada
kehidupan generasi muda, kebanyakan generasi muda cenderung tidak bisa
menyaring pengaruh globalisasi. Sehingga, banyak generasi muda yang terjebak
dalam pengaruh buruk globalisasi.
Generasi muda adalah
kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap pengaruhbudaya asing, sehingga
dalam membangun social budaya, terutama terhadap generasi muda diperlukan
pendidikan karakter agar mereka dapat menyerap dampak positif dan membentengi
diri dari dampak negative globalisasi teknologi informasi. Sebagai tumpuan
bangsa dan penerus pembangunan di segala bidang, generasi muda harus dibekali
sedini mungkin dengan ilmu pengetahuan tentang cara mengambil manfaat positif
dari kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat.
C.Dampak Positif
Dengan adanya teknologi informasi juga membawa dampak
positif terhadap budaya generasi muda, yaitu:
·
Kita akan lebih cepat mendapatkan
informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian mapun dengan
internet.
·
Kita dapat berkomunikasi dengan
teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui teknologi yg
tersedia.
·
Memberikan banyak kemudahan, serta
sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Dalam bidang teknologi
masyarakat dapat menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang
telah dihasilkan dalam teknologi tersebut.
·
Melalui teknologi kita dapat
melestarikan kebudayaan Indonesia ke mata dunia.
·
Tekanan, kompetisi yang tajam di
berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
·
Menghemat waktu dan biaya dalam
melakukan berbagai aktifitas
D.Dampak Negatif
Cybercrime adalah kejahatan yang ilakukan seseorang dengan sarana
internet di dunia maya yang memiliki beberapa sifat yaitu melintasi batas
Negara. Perbuatan dilakukan secara illegal, menimbulkan kerugian yang sangat
besar dan sulit dibuktikan secara hukum. Beberapa contoh kejahatan cybercrime :
·
Hacking atau usaha memasuki sebuah
jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem
jaringan.
·
Cracking atau usaha memasuki secara
illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan
file yang ada di simpan pada jaringan tersebut.
·
Pornografi atau melihat
konten-konten tidak senonoh di internet.
·
Violence and gore atau melihat
konten yang berisi kekejaman dan kesadisan yang ditampilkan oleh situs web
untuk “menjual” situs mereka.
·
Penipuan, hal ini merajalela di
bidang manapun. Cara yang terbaik adalah dengan tidak mengindahkan hal ini atau
mengkonfirmasi informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut.
·
Carding atau pencurian uang
melewati kartu kredit yang ditransaksikan secara online dimana para penjahat
internet mendeteksi adanya transaksi dan mencatat kode kartu yg digunakan.
·
Perjudian, dengan jaringan yang
tersedia para penjudi tidak harus lagi pergi ke tempat khusus untuk memenuhi
keinginannya karena sudah banyak perjudian yg menggunakan situs web sebagai
perantaranya.
·
Cyberstalking atau kegiatan yg
dilakukan untuk mengganggu atau melecehkan seseorang dengan terror di dunia
cyber.
·
Cyber-Tresspass atau kegiatan yang
melanggar area privasi orang lain seperti misalnya web hacking, breaking PC,
Port Scanning, dan lain sebagainya.
Bab III
Penutup
A.Solusi Pemecahan Masalah
Para
orang tua harus selalu mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan teknologi
informasi berupa internet, televise, maupun handphone agar terhindar dari
dampak negative perkembangan IT.
Sebagai
generasi muda dan penerus bangsa kita harus menyaring hal-hal mana saja yang
dapat kita konsumsi dari perkembangan IT, jangan menelannya secara bulat-bulat.
Sebagai generasi muda juga kita harus menjaga kebudayaan Negara Indonesia
jangan sampai terkikis karena masuknya kebudayaan lain.
Pemerintah
sebaiknya melalui departemen komunikasi dan informasi dapat membuat suatu
kebijakan yang dapat mengontrol penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
supaya tidak berdampak negatif terhadap bangsa kita baik generasi muda, ataupun
generasi tua sekalipun.
B.Kesimpulan
Perkembangan Teknologi Informasi memiliki dampak yang sangat besar dalam
kehidupan para generasi muda, maka dari itu perkembangan Teknologi Informasi
ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan menyerap hal-hal baiknya dan
menghindari atau menjauhi hal-hal buruk yang dapat diciptakan oleh perkembangan
tersebut agar generasi muda tidak terjerumus pada kekejaman teknologi informasi
dan akhirnya generasi muda rusak akibat dari menelan bulat-bulat segala hal yg
berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi
0 komentar:
Posting Komentar